Welcome To http://www.cerminan hati al-insan.blogspot.com/ Semoga Bermanfaat.

Kamis, 06 September 2012

Inovasi dan Kurikulum

1.    Inovasi Kurikulum
Innovasi merupakan suatu perubahan yang baru menuju kearah perbaikan, yang lain atau berbeda dari yang sudah ada sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan berencana atau tidak secara kebetulan. Sedangkan Kurikulum merupakan pedoman mendasar dalam  proses pembelajaran. Keberhasilan dan kegagalan suatu proses pendidikan, mampu dan tidaknya anak didik menyerap materi pempelajaran, tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan bergantung pada kurikulum yang digunakan.
Jadi bisa disimpulkan bahwa inovasi kurikulum adalah suatu gagasan atau praktek kurikulum baru dengan mengadopsi bagian-bagian yang potensial dari kurikulum tersebut dengan tujuan untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan tertentu.

2.    Beberapa Istilah dalam Kurikulum
•    Kurikulum ideal; yakni kurikulum yang berisi sesuatu yang ideal dan yang dicita-citakan.
•    Kurikulum aktual; yakni kurikulum yang dilaksanakan dalam proses pengajaran dan pembelajaran.
•    Kurikulum dan pengajaran merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum merujuk kepada bahan ajar yang telah direncanakan yang akan dilaksanakan dalam jangka panjang. Sedang pengajaran merujuk kepada pelaksanaan kurikulum tersebut secara bertahap dalam belajar mengajar.
•    Kurikulum tersembunyi (hidden curriculum); yakni segala sesuatu yang terjadi pada saat pelaksanaan kurikulum ideal menjadi kurikulum aktual.

3.    Komponen KTSP
KTSP memiliki 4 komponen, yaitu:
•    Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan
•    Struktur dan Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
•    Kalender Pendidikan
•    Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pengajaran (RPP)

4.    Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

1 komentar:

  1. According to Stanford Medical, It's in fact the ONLY reason this country's women live 10 years more and weigh 19 KG less than us.

    (And realistically, it has NOTHING to do with genetics or some secret diet and EVERYTHING related to "HOW" they eat.)

    BTW, I said "HOW", and not "what"...

    CLICK this link to discover if this quick quiz can help you discover your true weight loss possibilities

    BalasHapus