Welcome To http://www.cerminan hati al-insan.blogspot.com/ Semoga Bermanfaat.

Minggu, 20 Mei 2012

Kondisi Pembelajaran Penjas

BAB I

A.    KONDISI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

  Salah satu masalah utama dalam pendidikan jasmani di Indonesia hingga dewasa ini, yaitu belum efektifnya pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.
Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya pendidikan jasmani mulai SD sampai sekolah lanjutan yaitu :
•    Terbatasnya kemampuan guru pendidikan jasmani
•    Sumber-sumber yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran
Rendahnya mutu dan jumlah guru pendidikan jasmani di sekolah pada gilirannya melahirkan ketidakmampuan mereka dalam melaksanakan profesinya secara profesional. Mereka belum berhasil melaksanakan tanggung jawab untuk mendidik siswa secara sistematik melalui program pendidikan jasmani yang semestinya dapat mengembangkan kemampuan dan ketrampilan anak secara menyeluruh baik fisik, mental, emosional, dan intelektual. Kondisi seperti ini tidak terjadi di Indonesia saja tapi di negara-negara lain seperti Australia.
Ada 4 faktor utama yang menyebabkan pendidikan jasmani kurang menggembirakan :
1.    Kurikulum yang tidak relevan
2.    Kurang koherensi antara kebijakan daerah yang satu dengan lainnya dalam menerapkan pendidikan jasmani.
3.    Kurangnya guru pendidikan jasmani
4.    Kurangnya dukungan dari Depatemen Pendidikan dalam bentuk supervisi
Untuk itu, jika implementasi kurikulum pendidikan jasmani harus bisa dicapai dan berhasil, maka harus ada keinginan yang besar untuk mengubh sistem pembelajaran yang tradisional serta ke arah pembelajaran pendidikan jasmani modern di dukung pengadaan fasilitas yang memadai.
 

B.    KONDISI KELEMBAGAAN
3 aspek yang diidentifikasi dan dilaporkan oleh kedua pakar dari Australia berkenaan tentang kondisi Fakultas ilmu keolahragaan kurang mendukung untuk berkembangnya ilmu keolahragaan khususnya pendidikan jasmani yaitu :
1.    Staf pengajar di fakultas ilmu keolahragaan tidak memiliki tingkat yang sama dengan pendidikan luar negeri
2.    Buku-buku perpustakaan dari lembaga-lembaga khususnya Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan sangat sedikit dan ketinggalan zaman juga buku yang disediakan lebih banyak dalam bahasa inggris sehingga sulit dipahami dikarenakan kebanyakan mahasiswa tidak bisa berbahasa inggris.
3.    Perpustakaan laboratorium ilmu praktik kurang sempurna atau tidak ada.

C.    KONDISI PENDIDIKAN JASMANI
Menurut Kent Hardman (1999) ada 6 kesimpulan negatif tentang kondisi pendidikan jasmani di dunia yaitu :
1.    Kurikulum
2.    Pengurangan alokasi waktu dalam kurikulum
3.    Kesenjangan antara kurikulum yang di kehendaki dengan pelaksanaannya
4.    Kelangkaan sumber finansial, fasilitas dan peralatan, standar profesional guru pendidikan jasmani
5.    Isu kesetaraan gender.




BAB II
PENUTUP
KESIMPULAN
Faktor yang menyebabkan rendahnya pendidikan jasmani mulai SD sampai sekolah lanjutan yaitu :
1.    Terbatasnya kemampuan guru jasmani
2.    Terbatasnya sumber-sumber yang digunakan untuk mendukung PBM
Bangsa Indonesia sangat tertinggal dibandingkan bangsa-bangsa lain diakibatkan kurangnya tenaga dosen atau guru olahraga dan terbatasnya sarana dan prasarana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar