Welcome To http://www.cerminan hati al-insan.blogspot.com/ Semoga Bermanfaat.

Kamis, 05 Januari 2012

Analisis Cerpen Lelaki Muda dan Gadis Kecil

Analisis Cerpen Laki Muda dan Gadis Kecil
Karya Susialine Adelia
Analisator

A. Latar Belakang Masalah
Cerpen adalah salah satu jenis karya sastra yang tergolong ke dalam fiksi. Sebagai fiksionaris, kisah dalam cerpen hanya ada dalam hayalan. Namun, ia dapat beranjak dari dunia nyata semisal pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain, kejadian alam, dan segala hal yang tertangkap pada panca indra.
Berdasarkan latar belakang di atas, saya mencoba mengidentifikasi masalah cerpen ini. Identifikasi masalahnya adalah bagaimanakah unsur-unsur intrinsik cerpen.

B. Sinopsis Cerpen Laki Muda dan Gadis Kecil
Cerpen karya Susialine Adelia yang mengisahkan tentang Lelaki Muda dan Gadis Kecil. Pada hari libur, tepatnya setiap hari minggu Ibu Neyna menjadi waktu itu sebagai waktu santai di rumah. Akan tetapi minggu itu ibu Neyna kedatangan dua orang tamu. Sepertinya ia bukanlah saudara dan bukan juga kawan kerjanya.
Sesaat kemudian ia membukakan pintu di dapatnya seorang lelakimuda dan gadis kecil yang sedang bercanda ria di teras rumahnya. Lelaki itu berkulit coklat terbakar matahari, berpakaian agak lusuh. Si gadis kecil berkulit lebih terang, berbaju baru dengan bahan kualitas rendah. Ketika gadis itu menoleh, segera ditangkap sinar di wajahnya yang membuat ibu Neyna terkesiap beberapa saat. Sinar wajah itu tak asing baginya. Meski bentuk hidung dan mata kedua tamu itu sama --yang membuatnya bisa segera menyimpulkan bahwa mereka adalah bapak dan anak-- namun ditemui sinar lain di wajah anak itu.

untuk selengkapnya DOWNLOAD HERE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar