Welcome To http://www.cerminan hati al-insan.blogspot.com/ Semoga Bermanfaat.

Kamis, 05 Januari 2012

Sistem Panca Indra

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Manusia membutuhkan informasi berupa rangsangan dari lingkungan luar sekitar untuk dapat menjalani hidupnya dengan baik. Agar rangsangan yang berasal dari luar tubuh dapat ditangkap dibutuhkan alat-alat tubuh tertentu yang bernama indera. Kelima alat indera itu adalah mata, hidung, telinga / kuping, kulit dan lidah.
Setiap orang normalnya memiliki lima / panca indera yang berfungsi dengan baik untuk menangkap rangsangan sehingga dapat memberikan respon sesuai dengan keinginan atau sesuai dengan insting kita. Orang yang cacat indra masih bisa hidup namun tidak akan bisa menikmati hidup layaknya manusia normal. Sistem panca indra pada manusia terdiri dari indra penglihatan (Mata), indra pencium (Hidung), indra pendengar (Telinga), indra pengcap (Lidah), dan indra peraba (Kulit).

B. Rumusan Masalah
1. mengetahui definisi panca indra
2. mengetahui anatomi dan fisiologi panca indra
3. mengetahui mekanisme panca indra
4. mengetahui gangguan-gangguan pada panca indra.


BAB II
PEMBAHASAN
A. Definisi Panca Indra
Panca indra merupakan organ-organ akhir yang dikhususkan untuk menerima jenis rangsangan tertentu. Serabut saraf yang menanganinya merupakan alat perantara yang membawa kesan rasa dari organ indra menuju ke otak dimana perasaan ini ditafsirkan. Panca indra meliputi indra penglihatan, penciuman, pendengaran, pengecap, serta peraba.

B. Anatomi Dan Fiologi Sistem Panca Indra
1. Lidah
Pada hakekatnya, lidah mempunyai hubungan yang sangat erat dengan indera khusus pengecap. Lidah sebagian besar terdiri dari dua kelompok otot. Otot intrinsik lidah melakukan semua gerakan halus, sementara otot extrinsik mengaitkan lidah pada bagian-bagian sekitarnya serta melaksanakan gerakan-gerakan kasar yang sangat penting pada saat mengunyah dan menelan. Lidah mengaduk-aduk makanan, menekannya pada langit-langit dan gigi dan akhirnya mendorongnya masuk faring.

untuk selengkapnya DOWNLOAD HERE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar