Welcome To http://www.cerminan hati al-insan.blogspot.com/ Semoga Bermanfaat.

Kamis, 05 Januari 2012

Pendidikan Jasmani dan Pedagogi Olahraga Perseptif Sejarah

BAB I
PENDAHULUAN
Istilah pendidikan jasmani yang telah dikenal pada tahun 1950-an di Indonesia, cukup lama menghilang dari wacana, terutama sejak tahun 1960-an, tatkala istilah itu diganti dengan istilah olahraga. Bab ini memaparkan secara mendalam pendidikan jasmani dan pedagogi olahraga perseptif sejarah, konsep pendidikan jasmani, dan tujuan pendidikan jasmani.


BAB II
PEMBAHASAN
A. PENDIDIKAN JASMANI DAN PEDAGOGI OLAHRAGA PERSEPEKTIF SEJARAH
Sejak proklamasi kemerdekaan perhatian para pemimpin pemerintah terhadap olahraga sekolah telah ada dan telah dilaksanakan, hanya pada saat itu dengan istilah yang digunakan adalah gerak badan. Masalah-masalah yang pada waktu itu mendapat perhatian khusus antara lain :
1. Gerak badan untuk putri dilaksanakan tersendiri
2. Diperlukan nasehat dokter
3. Bahan pelajaran di ambil dari permainan dan kesenian nasional, dan musik perlu bagi sekolah
4. Kepramukaan
5. Pengecahan ekses dalam perlombaan, serta perlunya pemerintah membiayai kegiatan
6. Perlu pertolongan pertama diberikan pada kecelakaan di tiap sekolah
7. Perlu diadakan kursus kilat untuk para guru.
Pendidikan jasmani adalah pendidikan yang menggunakan jasmani sebagai titik pangkal mendidik anak dan anak di pandang sebagai suatu kesatuan jiwa raga. Tujuan melaksanakan pendidikan jasmani di sekolah adalah indentik dengan Tujuan Pendidikan Undang-Undang No. 4 Tahun 1950 dan kemudian menjadi Undang-Undang No. 12 Tahun 1954 memberikan landasan yang kuat terhadap kegiatan pendidikan jasmani di sekolah.
Dalam bab VI pasal 9 tercantum, “Pendidikan jasmani yang menuju kepada keselarasan antara tumbuhnya badan dengan perkembangan jiwa, merupakan suatu usaha untuk membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang sehat kuat lahir batin, dan diberikan pada semua jenis pendidikan.”

untuk selengkapnya DOWNLOAD HERE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar