Welcome To http://www.cerminan hati al-insan.blogspot.com/ Semoga Bermanfaat.

Minggu, 15 April 2012

Huruf Hijaiyah

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Sungguh tiada yang akan pernah sebanding dengan Allah SWT. Dari hal yang paling kecil hingga segala sesuatu yang luar biasa besarnya. Buktinya, sebagaimana yang telah dijelaskan pada buku “Kajian Hati, Isyarat Tuhan” di bagian Penciptaan, dimana Al-Qur`an telah Dia ciptakan sebelum Manusia pertama, yaitu Adam AS diciptakan. Artinya sudah menjadi kehendak-Nya pula bahwa ketika umat manusia telah mendiami Bumi, maka akan ada golongan diantara mereka yang menggunakan huruf-hurut Hijaiyah sebagai alat bantu komunikasinya.
Huruf Hijaiyah ini sudah ada sejak zaman Nabi Ibrahim AS, dan memang beliau sendirilah yang menciptakan aksara ini dengan berdasarkan hidayah dari Allah SWT. Huruf Hijaiyah ini kemudian di turunkan kepada anaknya yaitu Ismail AS yang notabene menjadi cikal bakal dari bangsa Arab. Sedangkan anaknya yang satu lagi yaitu Ishaq AS yang merupakan cikal bakal dari Bani Israil tidak. Untuk itulah kemudian hari Bani Israil tidak menggunakan huruf Hijaiyah ini sebagai aksara mereka, melainkan menggunakan aksara Ibrani.
Kehendak Allah SWT mengenai huruf Hijaiyah ini bukan dengan tanpa alasan. Karena pada dasarnya sebagai perantara untuk dapat menjelaskan bahasa isyarat atau hal-hal yang bersifat tersirat dari-Nya. Hanya dengan huruf inilah maka banyak isyarat dari Allah SWT bisa di mengerti oleh manusia, dengan tujuan untuk menyadari bahwa dirinya hanyalah sebagai makhluk yang fana dihadapan Tuhan, sehingga dengan sendirinya akan tetap mengagungkan Asma-Nya, mengikuti perintah-Nya serta menjauhi segala bentuk larangan-Nya. Namun, pengetahuan akan bahasa isyarat ini tetap hanya diketahui oleh mereka yang diberikan hidayah oleh Allah SWT dan bisa disebarluaskan kepada yang lainnya.
Dengan demikian, maka menjadi sempurnalah huruf Hijaiyah ini  sebagai alat bantu bagi manusia, karena ia dapat memberikan penjelasan tentang hakekat isyarat dari Allah SWT, dimana tidak bisa dimiliki oleh aksara lainnya (Ibrani, Kanji, Latin, Palawa, Sansekerta, Paku, Hoeroglyp, dll). Untuk itulah mengapa Al-Qur`an pun turunnya di tanah Arab, dimana masyarakatnya menggunakan Hijaiyah sebagai aksara mereka sehari-hari.
B.    RUMUSAN MASALAH
1.    Pengertian Huruf Hijaiyah
2.    Sekilas Tentang Sejarah Huruf Hijaiyah
3.    Huruf-Huruf Hijaiyah
4.    5 M Agar Mudah Belajar Huruf Hijaiyah

Untuk Selengkapnya Download Here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar