Welcome To http://www.cerminan hati al-insan.blogspot.com/ Semoga Bermanfaat.

Jumat, 30 Maret 2012

Sejarah Perkembangan Psikologi

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Sejarah perkembangan Psikologi ini sudah dimulai sejak zaman Yunani Kuno, yaitu ketika gejala-gejala psikologis sudah banyak menarik perhatian ppara sarjana filasafat. Pertanyaan klasik yang sering menggoda manusia untuk mencari dan menjawabnya adalah pertanyaan apakah jiwa itu, dari mana asalnya, apa tujuannya, bagaimana hubungan jiwa dan badan, dan sebagainya.
Masalah jiwa manusia memang penuh keunikan, sehingga mengundang banyak ahli untuk menyelidikinya. Meskipun demikian, tetap saja penyelidikan-penyelidikan sistematis yang dilakukan hingga kini masih belum mampu menjawab pertanyaan tersebut di atas. Karena itu, banyak ahli yang mengatakan bahwa jiwa itu adalah suatu misteri, bersifat rahasia (abstrak). Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan bagi usaha perenungan dan penelitian untuk sedikit demi sedikit membuka rahasia jiwa manusia.
Oleh karena itu, banyak filosof Yunani dan Romawi yang merenungkan dan meneliti masalah tersebut. Meskipun corak berpikir filosof Yunani dan Romawi seperti Socrates, aristoteles, Plato, dan Ganelus masih spekulatif, tetap saja mereka telah berjasa dalam meletakkan dasar keingintahuan bagi pemikir selanjutnya untuk menyelidiki psikologi dengan metode-metode baru seperti observasi, angket, interview, eksperimen, dan sebagainya.




BAB II
PEMBAHASAN
Dalam bab ini, penulis akan membahas dua fase pokok perkembangan psikologi dilihat dari segi metode dan materinya, yaitu psikologi lama (kuno) di bawah pengaruh filsafat dan psikologi dibawah pengaruh ilmu pengetahuan alam.
A.    ALIRAN PSIKOLOGI LAMA (KUNO)
Psikologi lama ini lahir sebelum tahun 1900, yang adakalanya dipengaruhi oleh filsafat dan ada juga yang dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan alam.
1.    Psikologi di bawah pengaruh filsafat
Para ahli psikologi dahulu adalah juga ahli filsafat. Hal ini dapat diketahui oleh karena pemikiran tentang kejiwaan dipengaruhi oleh pemikiran filsafati. Bahkan pada zaman lato dan Aristoteles, atau pada saat filsafat menjadi sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan 9the mother of knowledge), psikologi masih menyatu dengan filsafat.
Pengaruh filsafat terhadap psikologi itu berlangsung sejak zaman Yunani Kuno (400 SM) sampai zaman pertengahan (500-1450) dan zaman baru (1800). Dua orang filosof yang juga menyelidiki kejiwaan manusia adlah Plato dan Aristoteles.

Untuk Selengkapnya Download Here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar