Welcome To http://www.cerminan hati al-insan.blogspot.com/ Semoga Bermanfaat.

Jumat, 30 Maret 2012

Standar Mutu Pelayanan Kebidanan

BAB I
PENDAHULUAN
1.    Latar Belakang
Rumah sakit dan puskesmas sebagai unit tempat pelayanan kesehatan, bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Demikian juga dengan upaya pemberian pelayanan keperawatan dirumah sakit yang merupakan bagian integral dari upaya pelayanan kesehatan, dan secara langsung akan memberi konstribusi dalam peningkatan kualitas hospital care.
Sebagai  salah  satu  profesi  dalam  bidang  kesehatan,  Bidan  memiliki  kewenangan  untuk memberikan Pelayanan Kebidanan (Kesehatan Reproduksi) kepada perempuan remaja putri,   calon   pengantin,   ibu   hamil,   bersalin,   nifas,   masa   interval,   klimakterium,   dan menopause, bayi baru lahir, anak balita dan prasekolah. Selain itu Bidan juga berwenang untuk memberikan Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Masyarakat.
Peran  aktif  Bidan  dalam  pelayanan  Kesehatan  Reproduksi  dan  Keluarga  Berencana sudah  sangat  diakui  oleh  semua  pihak. Dari tahun ke tahun permintaan masyarakat terhadap peran aktif Bidan dalam memberikan pelayanan  terus  meningkat.  Ini  merupakan  bukti  bahwa  eksistensi  Bidan  di  tengah masyarakat semakin memperoleh kepercayaan, pengakuan dan penghargaan.
Berdasarkan  hal  inilah,  Bidan  dituntut  untuk  selalu  berusaha  meningkatkan  kemampuan sekaligus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanannya termasuk pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan   Reproduksi.
Karena   hanya   melalui   pelayanan berkualitas pelayanan yang terbaik dan terjangkau yang diberikan oleh Bidan, kepuasan pelanggan baik kepada individu, keluarga dan masyarakat dapat tercapai.

2.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dapat penulis rumuskan bagaimana standar penampilan minimal untuk mutu pelayanan kebidanan sehingga memperoleh kepercayaan, pengakuan dan penghargaan dari masyarakat ?

Selengkapnya DownLoad Here

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar